TIM VAKSINATOR PUSKESMAS PERAWATAN HILA LAKSANAKAN VAKSINASI COVID TAHAP KE DUA DI NEGERI HILA

  • Diupload pada : 30 Juli 2021 07:07:16
  • : Admin
  • Telah dilihat : 894x

Hila, 30 Juli 2021

hila.desa.id-Badai pandemic COVID 19  sejak Indonesia pertama kali mengkonfirmasi kasus COVID-19 pada Senin 2 Maret 2020 lalu. Saat itu, Presiden Jokowi mengumumkan ada dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona. Sejak saat itu Pemerintah terus berupaya percepatan penanganan covid. dengan berbagai cara, dimulai dengan menghidupkan pola hidup bersih dan sehat, pembatasan kegiatan masyarakat sampai dengan pemberian Vaksin.

Di Indonesia sampai hari ini total masyarakat yang terkonfirmasi COVID-19 berjumlah 3,29 juta jiwa, 2,54 juta dinyatakan sembuh 88.659 meninggal dunia. Provinsi Maluku sendiri sesuai dengan data update per 29 Juli 2021 yang ada pada laman Tanggap Covid-19 Provinsi Maluku pasien yang terkonfirmasi Covid-19 yang dirawat sejumlah 13.417 orang,  pasien sembuh sebanyak 9.521 orang dan yang meninggal sebanyak  234 orang.

Dalam Upaya percepatan Penanganan Covid-19 pelaksanaan vaksinasi telah dilaksanakan sejak tanggal 13 Januari 2021 oleh Pemerintah  dengan target sasaran 181,5 Juta jiwa ini Puskesmas Perawatan Hila membentuk tim vaksinator sesuai amanat pemerintah dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Menurut dr. Anselmus Serim yang tergabung dalam Tim Vaksinator Puskesmas Perawatan Hila tim vaksinator yang ada berjumlah 6 orang dan  melakukan vaksinasi di wilayah kerja Puskesmas Perawatan Hila yakni Negeri  Hila, Negeri  Kaitetu dan Negeri  Seith. “Untuk Negeri Hila sendiri vaksinasi sudah dilaksanakan sejak tanggal 2 Juli 2021 untuk tahap pertama,” tuturnya.

Masih menurutnya, bahwa penting untuk masyarakat mendapatkan vaksin “Sangat penting, untuk dapat kekebalan secara maksimal terlebih terhadap covid. sekiranya nanti positif Covid pun gejalanya tidak berat,” terang dokter A. Serim yang sudah bertugas sebagai dokter internship di Puskesmas Perawatan Hila sejak November 2020 lalu.

Vaksinasi di Negeri Hila yang dilaksanakan di Kantor Negeri tahap ke dua diberikan pada masyarakat yang sebelumnya sudah mendapatkan vaksin tahap pertama. Turut mendampingi kegiatan ini juga Wakapolsek Leihitu IPDA M. Utomo yang ditemani Babinkamtibmas Negeri Hila AIPTU Husen Launuru dan juga Babinsa Negeri Hila M. Abdi Ollong. Dalam kesempatan Wakil Kepala Kepolisian Sektor Kecamatan Leihitu ini menuturkan sedikit mengenai Program Gerai Vaksin oleh TNI-POLRI di laksanakan khususnya di kecamatan Leihitu oleh POLSEK Leihitu. “Pelaksanaan Gerai Vaksin oleh TNI-POLRI di kecamatan Leihitu sudah dicanangkan sejak 26 Juni. Yang berlokasi di Puskesmas Perawatan Hila dan melayani masyarakat yang ada di kecamatan Leihitu yang berusia 18 tahun keatas” kata IPDA Utomo.

Dijelaskan oleh Didin Hatuina salah satu perawat Puskesmas Perawatan Hila yang juga anggota tim vaksinator. Pada tahap pertama masyarakat Hila yang ikut vaksin SINOVAC ini sebanyak 127 orang. “memang banyak yang ikut daftar, antusias masyarakat sangat besar. Tapi dari banyak orang yang datang, tidak sedikit yang tidak diperbolehkan untuk vaksin karena memiliki riwayat penyakit bawaan sehingga tidak bisa diberikan vaksinasi”, jelas Hatuina.

“Pada vaksinasi tahap ke dua ditujukan terutama untuk mereka yang sudah ikut vaksinasi tahap pertama pada tanggal 2 Juli kemarin. Jumlah yang divaksin pada tahap ke dua sebanyak 90 orang” tutur Hatuina.

Disinggung mengenai jumlah yang mengalami penurunan, Hatuina menjelaskan bahwa ini tidak terlepas dari bahaya berita hoaks yang mudah disebar di sosial media, Hatuina mengingatkan mengenai pentingnya juga mendapat vaksin tahap ke dua. “masyarakat jangan mudah terpengaruh dengan berita yang belum tentu benar mengenai vaksin. Jika masih ragu dengan vaksinasi silahkan datang dan mendapatkan penjelasan dari kami agar tidak mudah termakan hoaks” kata Hatuina

Pemerintah Negeri Hila dalam hal ini Sekretaris Negeri  Patiala Mony juga mengingatkan betapa pentingnya keikutsertaan masyarakat Negeri Hila dalam program vaksinasi. Terlebih karena aktivitas masyarakat yang sering bepergian ke kota Ambon. “ini penting, sebab demi kebaikan semua orang terlebih masyarakat Negeri Hila,” ujar Mony. (admin)